Cara Merawat DVD Eksternal Agar Tidak Mudah Rusak

Cara Merawat DVD Eksternal Agar Tidak Mudah Rusak

Digital Video Disk (DVD) saat ini masih kerap digunakan meski telah banyak ditemukan media penyimpanan yang notabene lebih simple, seperti misalnya flashdisk ataupun kartu memori. DVD kerap digunakan dalam penyimpanan data yang bersifat read only seperti musalnya video, musik dan gambar. Dalam hal ini, jenis DVD yang kerap digunakan ialah DVD Eksternal. Sama seperti namanya yakni eksternal, maka media ini bersifat petangkat luaran yang terletak di luar perangkat utamanya. Dahulu, sebelum ditemukan berbagai media penyimpanan lainnya, maka penggunaan DVD ini sangat dominan dalam berbagai jenis file. Akan tetapi, seiring perkembangan teknologi, maka penggunaan DVD beralih ke berbagai media prnyimpanan yang notabene lebih canggih mengingat penggunaan DVD juga banyak kekurangan.

Mengenai perawatan DVD Eksternal sebenarnya tidaklah sulit karena selagi kita merawat dan menjaga dengan baik maka barang tersebut tidak akan cepat rusak. Berikut ialah cara merawat DVD eksternal yang benar:

1. Jangan memegang DVD Eksternal pada bagian bodynya, namun peganglah bagian tengah atau lubangnya.

2. Jangan gunakan alat tulis runcing ketika menulisi bagian DVD, hal ini dilakukan agar DVD tidak lecet ataupun tetgores.

3. Jangan mencuci DVD menggunakan air atau bahkan air sabun, jika kotor bersihkan saja menggunakan kain atau tisu yang kering.

4. Simpan DVD dalam temlat yang kering dan sejuk yakni sekitaran suhu 4-20°C.

5. Bersihkan DVD Player yang kotor menggunakan kain atau tisu yang kering.

6. Jauhkan DVD dari paparan sinar matahari langsung.

Ke-enam cara diatas dapat Anda lakukan agar DVD Eksternal tidak mudah rusak. Langkah-langkah tersebut harus Abda perhatikan karena kerusakan bagian luar DVD dapat memepengaruhi file yang ada di dalamnya sehingga ketika bagian luarnya sehat, maka besar kemungkinan file yang ada di dalamnya juga aman dan tidak rusak. Langkah-langkah di atas dapat Anda lakukan untuk meminimalisir kerusakan DVD eksternal Anda, mengingat DVD merupakan barang yang rawan rusak. Hal ini sudah banyak terjadi meskipun barang disimpan dan dirawat sebaik karena kerusakan barang elektronik memang tidak bisa diprediksi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *